Sabtu, 30 Juli 2011

THE ANGLO-ZANZIBAR WAR

Kerajaan Inggris Vs Kesultanan Zanzibar


Date: 09:02–09:40 EAT (East African Time), 27 August 1896
Location: Zanzibar Town, Zanzibar
Result: British victory
Pemimpin pasukan

Ingrris:
Harry Rawson
Lloyd Mathews

Zanzibar:
Khalid bin Bargash


Kekuatan:

Inggris:
Darat:
1,050 personil

Laut:
3 cruisers
2 gunboats

Zanzibar:
Darat:
2,800 personil
4 artillery pieces
1 shore battery

Laut:
1 royal yacht
2 boats


Korban & Kerusakan:

Inggris:
1 personil terluka

Zanzibar:
500 tewas dan/atau terluka
1 royal yacht tenggelam
2 boats tenggelam
1 shore battery Jancur


Perang unik antara Inggris vs Zanzibar pada 27 Agustus 1896, hanya berlangsung selama 40 menit. Ini merupakan perang terpendek dalam catatan sejarah. Pemicu perang adalah kematian pro Inggris, Sultan Hamd bin Thuwaini melawan penggantinya,Sultan Khalid bin Barghash. Sesuai perjanjian yang ditandatangani tahun 1886, pengganti Sultan harus persetujuan konsul Inggris, namun Khalid melanggar perjanjian tersebut, tanpa persetujuan Inggris Khalid naik tahta. Inggris berang, dan memberi ultimatum untuk turun tahta, namun Khalid tak mengindahkan. Sebaliknya, merespon ultimatum Inggris, Khalid mengerahkan angkatan bersenjatanya dan membaricade istananya dari serangan Inggris.


Inggris berang! Sikap menantang Khalid dijawab Inggris dengan serangan di pagi hari tgl 27 Agustus. Inggris membombardir Istana Khalid dan mencerai beraikan pasukan yg menjaga istana. Setidaknya ada 500 korban dari pihak Khalid, sementara hanya satu prajurit angkatan laut Inggris yang cidera. Perang singkat itu hanya berlangsung 40 menit. Sultan Khalid pun bertekuk lutut!

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ef/A._C._Gomes_Panorama_Zanzibar_1902.jpg/800px-A._C._Gomes_Panorama_Zanzibar_1902.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post