Jumat, 29 Juli 2011

Gejala dan Penyebab Penyakit Rematik


Klipingkita.com-Rematik merupakan penyakit yang jika tidak ditangani dengan segera akan berakibat penurunan kualitas hidup penderitanya. Hal ini disebabkan jika penyakit tersebut berkepanjangan dapat menimbulkan kecacatan dan depresi pada si penderitanya. 

Seseorang yang menderita penyakit rematik pada umumnya akan di bawa ke dokter pada waktu penyakit tersebut sudah dalam kondisi parah. Biasdanya mereka dalam kondisi sudah tidak dapat berjalan, sendi-sendi di tangannya sudah cacat, atau bahkan depresi berat. 

Sebetulnya jika penyakit rematik si penderitanya langsung di bawa ke dokter atau ditangani sejak dini, maka kecacatan tersebut atau parah dapat dihindari lewat metode pengobatan, operasi, dan terapi fisik. Dengan begitu, penanganan dengan tepat maka akan menghasilkan kesembuhan. Harus diketahui juga bahwa penyakit rematik merupakan penyakit jika tidak ditangani sejak dini akan berakibat si penderita akan mengalami penyakit tersebut seumur hidupnya. 

Awalnya pendeteksian penyakit ini dilakukan dengan cara tes Rheumatoid Faktor (RF). Namun tes antibodi ini juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit autoimun lainnya, seperti infeksi kronik. Penanda yang lebih spesifik untuk penyakit ini dilakukan lewat tes anti CPP atau Anti-cylic citrullinated antibody. Tes ini relatif batu dan merupakan penanda yang dapat mendeteksi munculnya rematik secara lebih dini. Karena hasil tes ini bisa memprediksi munculnya rematik lima tahun kedepan. Deteksi dini sangat penting bagi diagnosis rematik. Pasalnya dengan penanganan dini pula maka berbagai kerusakan sendi dapat dicegah.

Adapun Gejala Rematik antara lain :
1. Kekakuan pada dan seputar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
2. Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
3. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
4. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.
1. Sakit atau radang dan terkadang bengkak dibagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, bahu,
lutut (dengkul), pinggang, punggung dan sekitar leher.
2. Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.
3. Sakit rematik biasanya kambuh pada saat cuaca mendung saat mau hujan atau setelah mengkonsumsi makanan pantangan seperti : sayur bayam, kangkung, kelapa, santan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post