Jumat, 29 Juli 2011

Ketika Balita susah makan


Sering sekali balita akan mengalami masa rewel atau susah untuk makan. Banyak kejadian ini yang kadang orang tua terlalu khawatir dengan keadaan si buah hati yang susah untuk makan. Untuk itu tak perlu terlalu khawatir terhadap si buah hati. Banyak solusi yang dapat anda dapatkan agar si buah hati tetap lahap dalam masalah makan.

Terkadang hal ini terjad sebab orang tua yang tidak memfariasikan menu makanan untuk si buah hati. Pastikan dalam keseharian si buah hati mendapatkan menu yang berfariasi agar tidak jenuh dalam makan. Menu yang berfariasi untuk si buah hati anda bisa memadukan antara sayuran, buah-buahan dan karbohidrat secara bergantian atau dipadukan. Selain agar si buah hati mendapatkan pertumbuhan, menu tersebut sangan bermanfaat bagi si buah hati.

Berikan aturan makan untuk si buah hati dalam keseharian. Atur pemberian makan balita Ibu sesuai waktu makan ketika mereka merasa lapar. Pola alami akan berkembang dan Ibu dapat mulai mengatur rutinitas.
Jika si buah hati ingin makan sendiri biarkan ia makan-makanannya sendiri. Hal ini agar si buah hati tidak kehilangan selera makan dan selain itu supaya si buah hati belajar mandiri. Biarkan balita Ibu makan makan sendiri dan jangan memaksanya sampai piringnya bersih karena akan menjadi tekanan dan bisa mengurangi selera makannya hingga menjadi rewel. 

Terkadang si buah hati akan menolak makanan yang anda berikan. Tapi anda jangan menyerah, usahakan berilah makanan yang lain tapi juga memperhatikan kandungan gizinya. Bisa saja anda berikan buah yang mudah dikunyah untuk si buah hati. Atau makanan sereal yang terjamin mutu dan manfaatnya.
Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya.

Jika bayi Ibu memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. Mungkin perlu ditambah sedikit-sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Ibu akan berterima kasih suatu hari nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post