Jumat, 29 Juli 2011

Tips dan Cara Mengobati bisul


Klipingkita.com - Bisul merupakan penyakit yang sering menyerang masyarakat. Pada umumnya bisul merupakan kumpulan nanah yang terkumpul didalam rongga dan terbentuk oleh tisu akibat bakteri atau perasit. Terkadang tidak jarang juga bisul diakibatkan oleh makanan (alergi makanan). Keadaan kumuh dilingkungan sekitarnya juga dapat memberi dampak terkena bisul tersebut.

Kebersihan tubuh menjadi faktor utama untuk menghindari penyakit tersebut. Hal ini disebabkan peradangan yang terjadi pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya. Penyebab bisul yang paling sering dialami adalah bakteri staphylococcus aureus, karena itu bisul dapat juga diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit dalam. Terbentuknya bisul karena adanya folikel rambut yang terinfeksi, lalu karena iritasi, gesekan, dan kurang bersihnya perawatan tubuh dan akhirnya timbullah bisul.

Pada umumnya bisul akan muncul dengan keluarnya benjolan lunak dan merah di daerah kulit. Lalu pada puncak benjolan tersebut terdapat warna putih yang dapat terpecah atau harus dikeluarkan oleh dokter (melalui prosedur bedah minor). Cairan yang keluar dari bisul tersebut merupakan nanah yang dikirim oleh tubuh untuk melawan bakteri yang menginfeksi daerah kulit tersebut, cairan putih tersebut berisi sel darah putih. 

Pengobatan
Pertolongan pertama yang dapat dilakukan segera kompres dengan air panas (hangat), yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke tempat tersebut. Pengobatannya adalah silahkan berkonsultasi pada dokter. Dokter akan memberi krim atau salep antibiotik dengan resep yang dianjurkan. Tetapi apabila tidak membaik, untuk bisul yang telah bermata/ada puncak putihnya, dokter akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan nanah. Sedangkan untuk Bisul yang padat, sakit dan tidak bermata jangan dipijat karena tidak akan ada nanah yang dapat dikeluarkan.

Apabila bisul banyak, atau ada demam di badan, maka harus ditambah dengan obat minum antibiotik. Dan apabila bisul terjadi berulang-ulang, maka harus dicari faktor yang mendasarinya, yaitu apakah ada :
- penyakit kencing manis,
- penyakit ginjal berat,
- penyakit berat,
- menurunnya daya tahan tubuh
- atau orang yang telah berusia lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post