Sabtu, 06 Agustus 2011

Limosin Paus Paulus VI Dilelang Rp2,9 Miliar

Ini adalah salah satu mobil yang mungkin tidak hanya mendekatkan Anda pada Tuhan, namun sudah pasti akan mencuri perhatian orang-orang di jalan. Bahkan, dijamin akan memberikan kepuasan spiritual pada saat berkendara dengan "mobil suci" ini.


Adalah Lincoln Continental Limousine 1964, mobil limosin yang khusus diubah untuk Paus Paulus VI. Menariknya, satu-satunya mobil keuskupan rencananya akan dilelang di Pekan "Quail Lodge" California, dengan bandrol harga us$350 ribu atau sekitar Rp2,9 miliar.

Seperti yang tertulis di laman, Autoevolution, Sabtu 6 Agutus 2011, mobil ini didesain khusus atas permintaan langsung dari Vatican, agar dapat mengantar dengan aman Paus Paulus VI ketika berkeliling di jalanan kota New York pada saat ia mengunjungi Amerika Serikat. Kunjungan ini terjadi di 1965 ketika Paus Paul menghadiri pidato mengenai perdamaian dunia.

Customisasi mobil ini, dimulai dengan mengubah eksterior seperti pegangan tangan dan undakan kaki, dimana para penjaga pribadi keuskupan dapat ikut berdiri dan mengawal paus sesuai dengan kebutuhan.

Tempat duduk tambahan juga dipasangkan di dalam interior, sistem elektronik mobil juga di modifikasi agar dapat disesuaikan dengan speaker luar yang terintegrasi. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan atap belakang yang dapat dibuka agar Paus dapat manyapa warga NewYork ketika berkeliling.

Perlu diingat bahwa Paus Paulus VI tidak hanya salah satu sosok yang penting yang berkendara di limosin khusus ini. Dulu, mobil tersebut juga pernah mengangkut astronot Apollo, yaitu Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berkeliling di jalan-jalan Chicago, tepatnya saat parade kehormatan untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post