Rabu, 03 Agustus 2011

TIPS MEMBUAT HOT THREAD DI KASKUS

Kali ini saya memberikan sebuah tips yang cukup unik, dan tentunya berbeda dengan topik-topik tutorial saya pada umumnya. Anda ingin thread menarik yang anda buat bisa jadi HOT THREAD dan tampil di homepage kaskus.us? Silakan baca lebih lanjut.

Oh ya, semuanya bersifat relatif. Jadi masih belum pasti dikarenakan bagaimana cara sistem di forum kaskus memilih thread untuk dijadikan Hot Thread (HT) masih menjadi misteri.

Untuk memperbesar peluang thread anda menjadi HOT di kaskus, coba anda ikuti tips-tips berikut:
- Dari segi technical:
1. Tidak REPOST. Repost artinya membuat topik thread sudah pernah dibahas sebelumnya. Kaskuser sangat alergi akan repost dan jika anda melakukannya, maka anda akan diteriaki REPOST!!!!
2. Buatlah thread yang membahas tentang sesuatu yang menakjubkan, bisa itu tentang teknologi, pengetahuan, keindahan alam, arsitektur atau hal-hal yang unik dan aneh. Boleh juga berita teraktual dan yang lagi heboh-hebohnya.
2. Sajikan informasi seakurat dan selengkap mungkin. Bila perlu tambahkan media-media yang menarik, terutama gambar yang banyak serta videonya kalau ada. Gambarnya usahakan di re-upload ke server kaskus, untuk menghindari image tidak muncul di thread. Jangan lupa sertakan sumber jika bahan thread anda copy dari website lain.
3. Jika 10000 karakter tidak cukup untuk thread anda, dipersilahkan merebut "pertamax" untuk melanjutkan isi thread... :D
4. Thread dibuat serapi mungkin. Gunakan font yang jelas serta pakai fasilitas quote dan spoiler. Jika perlu tambahkan embel-embel atau ciri khas anda sebagai Thread Starter (TS) yang berkualitas. Saya amati banyak yang menampilkan nama group mereka disana.. :D

- Dari segi non-technical:
1. Usahakan judul thread menarik dan provokatif. Provokatif disini maksudnya yang dari segi positif, yang mengundang kaskuser lain untuk berkomentar (atau sekedar "sundul gan") :D
Saya amati, thread-thread yang mendapatkan bertubi-tubi komentar umumnya dijadikan hot thread.
2. Promosikan thread anda. Tapi ingat jangan sampai mengganggu ketertiban. Apalagi sampai promosi lewat VM di profile mimin... :p Awas tar di "penjara" :D
3. Posting thread anda sekitar jam 6 pagi sampai jam 11 siang. Entah mengapa 80% Hot thread yang saya amati memiliki jadwal posting pagi hari. Ada juga yang diluar jam tersebut, tapi sangat jarang.
4. Balas komentar-komentar yang ada di thread anda. Itu akan membuat thread anda menjadi lebih hidup dan muncul terus di last post page sehingga lebih berpotensi di-view.

Itu saja tipsnya. Sesuai dengan pengamatan jangka pendek yang saya lakukan di kaskus. Nah, kalau sudah jadi Hot Thread, apa keuntungannya?

Yang pastinya anda akan dilempar cendol (tidak dengan gelasnya) atau dilempar bata, ya sesuai dengan spesies TS juga apakah cendol colllector atau bata collector.... :D
Reputasi anda akan naik, menjadi lebih dikenal di kaskus. Dan pastinya anda sebagai TS akan bangga bahwa informasi yang anda sajikan disana dilihat oleh puluhan ribu orang atau lebih.

Sekian dulu tips saya, semoga anda bisa bergabung dan membuat thread yang lebih bagus dan berguna bagi orang banyak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post