Kamis, 04 Agustus 2011

TRADISI DI BULAN PUASA

Akhirnya bulan penuh Rahmad yang dinanti pun tiba, bulan yang penuh berkah dengan pahala berlimpah didalamnya. Satu bulan ini pun banyak moment dimana sang pencipta mengobral pahalanya berlipat ganda tanpa harus membayar pajak. Ya, semua pasti  udah tau kan kalau bulan penuh Rahmad yang dimaksud adalah Bulan Ramadhan..??. Selain moment-moment  untuk mengejar pahala yang berlimpah tadi, ada banyak juga moment-moment dimana menjadi suatu tradisi atau ciri khas setiap tahunnya dari Bulan Ramadhan ini. Saya hanya akan membahas moment-moment tradisi itu saja, karena ilmu saya masih cetek kalau ngebahas tentang ilmu Agama. Nah, apa saja sih moment-moment yang menjadi tradisi kita saat bulan Ramadhan diluar moment keagamaan itu..?
Mungkin tradisi ini tidak persis sama disetiap daerah, dan kemungkinan masih memiliki sedikit kesamaan namun istilahnya saja yang berbeda. Ini dia tradisi menyambut Ramadhan dan selama bulan Ramadhan.
Menjelang Ramadhan

1. Punggahan
Punggahan adalah tradisi membersihkan diri dengan mandi di sungai bersama. Punggahan biasanya tidak hanya sekedar ajang “mandi bareng”, melainkan sekalian ajang kumpul bersama seluruh anggota keluarga besar. Tujuan utama dari Punggahan adalah meniatkan diri untuk menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan. Itu hanya tradisi, tanpa harus berpikir terlalu jauh untuk menyikapi ini. Bagaimana pun juga tradisi selalu ada di setiap tahunnya.  Mungkin di beberapa daerah tradisi ini tidak ada atau istilahnya saja yang berbeda.

2. Ziarah
Ziarah adalah kegiatan dengan maksud membersihkan makam(kuburan) dari anggota keluarga yang telah meninggal, selain itu juga dimaksudkan untuk mengirmkan do’a. Kegiatan ziarah juga dimanfaatkan oleh warga yang tinggal dekat taman pemakaman untuk menjual jasa membersihkan makam.

3. Berbelanja
Kegitan ini biasanya dilakukan oleh kaum ibu dan anak perempuan sekedar untuk berbelanja kebutuhan sahur dihari pertama. Sahur hari pertama biasanya disambut dengan masakan yang enak-enak dengan tujuan mungkin untuk menambah semangat anak-anak untuk ikut berpuasa.
Saat Berpuasa

1. Petasan
Benda kecil yang mengeluarkan suara bak senjata ini menjadi idola bagi anak-anak dan orang dewasa. Bermain petasan tanpa mengenal waktu dan tempat selalu dilakukan oleh para pelakunya, tak menghiraukan orang yang sedang beribadah Sholat. Para pemain petasan biasanya bermain di saat orang sedang Sholat Subuh dan Sholat Tarawih. Peraturan akan larangan benda kecil ini pun tak dihiraukan oleh pedagang maupun yang memainkan.

2. Asmara Subuh (asbuh)
Asmara subuh kerap dilakukan oleh kaum muda dari selesai waktu sholat subuh sampai matahari benar-benar sudah menunjukkan cahayanya. Banyak kegiatan yang dilakukan pada saat asbuh ini, diantaranya ada yang memanfaatkan untuk berpacaran *aduuhh*, sekedar jalan-jalan pagi menikmati indahnya kota, dan tak sedikit  yang menjadikan jalan raya sebagai arena balap diwaktu ini.

3. Ngabuburit
Kegiatan yang satu ini cukup mengasikkan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Banyak hal yang bisa dilakukan semisal mengobrol antar teman, mendengar/melihat tausiah di tv atau ngabuburit dalam perjalanan *itu mah namanya kena macet* :D

4. Bubar (Buka Bersama)
Momen Ramadhan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan tali silaturrahmi dengan saling berbuka bersama antar teman. Biasanya dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu sekalian reunion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post