Rabu, 03 Agustus 2011

Kompetisi Indonesia Dijadwalkan 8 Oktober


PSSI sudah berencana menggulirkan Liga Indonesia musim baru pada 8 Oktober mendatang atau enam hari sebelum batas akhir sementara yang telah ditentukan oleh Konfederasi Sepakbola Asia atau AFC.

Hal ini disampaikan Direktur Komite Kompetisi, Sihar Sitorus, setelah mengadakan Assessment Workshopbersama AFC dan perwakilan klub-klub di Hotel Sahid, Rabu (3/8/2011).

Klub-klub calon peserta kompetisi musim 2011/2012 mempunyai waktu sekitar dua bulan hingga 14 Oktober, seperti yang telah ditentukan AFC, untuk mendaftar dan menjalani proses verifikasi kelayakan sebagai peserta kompetisi.

Lima aspek kompetisi yang harus dipenuhi adalahfinansial, legal, sporting (keolahragaan), infrastruktur dan administrasi perseorangan.

Klub-klub harus menyiapkan dokumen mulai tanggal 3-21 Agustus. Dokumen tersebut dimasukkan ke PSSI pada 22 Agustus dan sehari setelahnya, PSSI mulai melakukan verifikasi. Pada saat yang sama klub menyetorkanparticipation deposit ke rekening PSSI.

Klub tersebut harus menyerahkan surat jaminan atas kesanggupan pembiayaan klub selama tiga musim kompetisi. Menurut aturan FIFA dan AFC, jumlah ideal peserta sebuah kompetisi adalah 18 hingga 22 klub.

"Pengumuman peserta kompetisi serta format kompetisi akan dilaksanakan pada 25 Agustus mendatang. Pada tanggal itu kita akan melihat bagaimana struktur liga profesional yang baru," jelas Sihar kepada wartawan.

"Kenapa diberikan tanggal hingga 14 Oktober? Agar kita benar-benar bisa memenuhi persyaratan yang diajukan AFC," lanjutnya.

Jika tidak bisa memenuhi persyaratan yang diajukan oleh AFC pada tanggal 14 Oktober, maka Indonesia tidak bisa mengirimkan wakilnya ke kompetisi Asia selama tiga musim ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post