Jumat, 05 Agustus 2011

Manfaat Susu Kedelai

Klipingkita.com-Seperti yang kita ketahui, Susu merupakan kebutuhan yang sangat di butuhkan bagi tubuh. Banyak produk susu yang sudah banyak beredar di pasar Indonesia. Kebanyakan susu diambil dari sapi, tapi ada juga yang terbuat dari kedelai. Manfaat Susu kedelai ternyata juga tidak kalah engan susu sapi. Ternyata Kandungan dari susu kedelai juga cukup banyak dan tentunya kaya manfaat bagi tubuh, termasuk kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi.

Nah jika anda ingin mengganti menu minuman susu, anda bisa coba yang satu ini. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol yang tinggi karena  kandungan kolesterol pada susu sapi masih tergolong sangat rendah jika dibandingkan bahan pangan hewani lainnya.

Susu kedelai sekarang sudah dapat anda dapatkan dari supermarket bahkan saat ini sudah ada juga susu kedelai bubuk

Berbicara tentang protein yang terdapat dalam susu kedelai, Kandungan proteindalam susu kedelai dapat di pengaruhi oleh Varietas kedelai, Jumlah air yang ditambahkan, Jangka waktu dan kondisi penyimpanan  Serta perlakuan panas. Jadi, Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk mengencerkan susu, maka akan semakin sedikit kadar protein yang diperoleh. Kadar protein dalam susu kedelai yang dibuat dengan perbandingan kedelai dan air 1:8, 1:10, dan 1:15 berturut-turut adalah 3.6%, 3.2%, dan 2.4%.

Anda jangan kawatir Susu kedelai akan mencukupkan kebutuhan gizi para vegetarian dan pelaku diet. Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik.

”Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan dan stamina tubuh, serta mengganti sel-sel yang rusak atau tua. Susu kedelai yang dibuat dengan kadar protein 3% mempunyai mutu gizi yang mendekati susu sapi.
Mutu protein :
- Protein eficiency ratio (PER) susu kedelai adalah 2.3
- sedangkan PER susu sapi adalah 2.5

PER 2.3 artinya setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan sebesar 2.3 gram. Dengan demikian, semakin tinggi nilai PER mencerminkan semakin baik mutu protein tersebut.

Jadi Susu kedelai bisa di masukan dalam menu diet sehat anda.  Karena Susu kedelai sangat baik untuk  dikonsumsi bagi yang ingin diet atau orang dewasa yang ingin tetap sehat selain dari susu sapi. 

Walau susu kedelai kaya akan protein, tidak di anjurkan terlalu banyak mengkonsumsi susu kedelai bagi anak anak dan ibu hamil. Sebab jika susu kedelai dikonsumsi bagi anak-anak dan ibu hamil akan kekurangan kalsium untuk pertumbuhan dan kebutuhan nutrisinya.

Hal ini disebabkan kandungan kalsium dari susu kedelai dengan susu sapi sangat berbeda, yaitu lebih sedikit kandungan kalsium dari pada susu sapi. Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2 dan niasin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI, serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk anak anak dan ibu Hamil, sebaiknya menyeimbangkan meminum susu kedelai dan susu Sapi. Karena tidak bisa di pungikiri manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga banyak,  karena susu kedelai mengandung protein nabati yang juga di perlukan oleh tubuh. 
manfaat susu kedelai , manfaat kedelai , jumlah protein susu kedelai , perbandingan air susu kedelai , manfat susu kedelai , manfaat susu kedele hamil , Manfaat susu kedele , kelebihan dari produk susu kedelai , kalsium dalam susu kedelai dan susu sapi , protein yang setara dengan susu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post